Pages

Monday, March 17, 2014

Kelakuan buruk penumpang pesawat



Uda pernah naek pesawat kan..?
Hari gini .. berpergian dengan jarak yang jauh, tapi dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan lewat darat.

Nah saya adalah salah satu pengguna rutin angkutan udara satu ini kalo pulang kampung, dengan jangka waktu terbang 2 jam, saya sudah sampai di Bali dari Jakarta, dibanding naik bis yang bisa menghabiskan waktu lebih dari 24 jam, dengan biaya kadang tidak jauh beda.
Sudah lupa entah berapa kali saya naik pesawat dari sekitar tahun 2004, dan sudah pasti saya tidak sendirian, ada penumpang lain tentunya saat di terminal dan di dalam pesawat.

Ada hal-hal yang membuat saya geleng-geleng dalam hati.. (geleng-geleng dalam hati kaya gimana ya?)  melihat kelakuan beberapa penumpang di pesawat..

Dimulai dari tempat tunggu boarding,

Pernah ga sih kalian saat masuk boarding trus nyari tempat duduk ga kebagian?
Saya mah sering, misalpun kebagian juga, itu harus duduk ditengah-tengah sekumpulan grup. Entah kenapa tanpa melihat orang yang ingin duduk, banyak penumpang yang menaruh tas atau barang bawaan lainnya di kursi yang seharusnya bisa dijadikan  tempat duduk bagi orang lain, rada egois yak..??
Ya saya males permisi-permisi, lesehan aja lah dibawah hehe..

Sampah..
Terutama sisa bungkus makanan, selalu ada aja saya lihat di tempat tunggu pesawat ini. walaupun jumlahnya ga banyak, tapi tetap aja, budaya buang sampah sembarangan masi melekat di masyarakat kita, padahal tempt sampah sudah disiapkan disana.

Majalah dan koran..
Majalah dan koran sangat membantu kita membunuh waktu saat menunggu pesawat, beberapa gate tempat tunggu pesawat biasanya disediakan beberapa masalaj dan koran untuk dibaca, buruknya adalah, ada saja yang habis baca, tinggal taro aja di kursi tanpa mengembalikan ke tempat dimana seharusnya bacaan itu ditempatkan, kalo kaya gitu serasa kaya anak kecil yang masi harus diajari naro maenan yang benar setelah selesai bermain.

Saat pengumuman boarding terdengar,
Serentak semua langsung berdiri, berjejer panjang, saya lebih memilih tunggu sampai antrean jejeran penumpang itu sudah berkurang, males aja berjejer ngantre panjang. Kecuali saya kebetulan saya mendapatkan kursi dekat jendela, sesegera mungkin saya sebelum pengumuman terdengar, saya sudah mendekati pintu antrian, saya usahakan masuk terlebih dahulu agar tidak mengganggu melewati penumpang lain yang sudah duduk duluan di deretan kursi saya.

Mungkin banyak penumpang yang pernah mengalami kejadian kursinya ditempati orang lain, kalo cuma sekedar salah nomor, tidak masalah, tinggal pindah, masalah beres, yang seperti  ini sudah beberapa kali saya alami, tidak ada masalah, yang menempati tempat duduk saya memang salah melihat nomor dan bersedia pindah., tidak lupa juga saya ucapkan maaf dan terima kasih, clear semua beres.
Malah ada yang uda nempatin tempat duduk orang lain, tapi ngotot ga mau pindah, pasti ribut, perlu pramugari yang turun tangan,.,. hihi.. Syukurlah kejadian yang kaya gini belum pernah saya temui. Kalo ketemu tukang serobot tapi ngotot, ya gak pa-pa lah sesekali ribut di pesawat, kan seru hehe..

  
Di pesawat ketika mau take off
Masi aja ada yang sms-an, bahkan telpon, hihi.. pasti kena tegor lah dari pramugari.. kembali saya geleng-geleng, dalam hati..

Berisik
Pernah dalam suatu penerbangan, saya kebetulan ketemu ma rombongan ibu-ibu, entah lah itu dari Ibu-ibu arisan RT mana, pokoknya ibu-ibu ma anak-anaknya, ga sedikit, banyak..!! Pakaian dengan warna dominan sama warna biru, walaupun ga seragam. Dari masuk pesawat sampe pesawat terbang berisik banget, ketawanya uda kaya tuh pesawat cuman milik mereka aja, bole lah bersenda gurau bersama rekan, cuman jangan ganggu yang lain lah, kan ada yang tidur, itu ketawanya malah ngakak. Ibu-ibu kok ketawa ngakak, katro banget.. Kayanya kalo waktu itu saya ga sabar, lempar pake botol minuman seru kali ya, di pesawat ada hiburan, ga membosankan.. Hahaha..

Landing..
Pernah ga ketemu momen saat landing, baru aja pesawat menginjakkan roda ke landasan landing, sudah terdengar bunya sabuk pengaman dilepaskan, trek trek trek, padahal pesawat masi melaju kencang.. Hahaha.. kayanya tuh seatbelt ganggu perutnya banget ya, sampai ga sabaran nunggu pesawat behenti dengan sempurna baru dilepas.. 
Dan ada juga langsung terdengar suara BBM dan SMS masuk (BBM masi ngetrend boo di negeri ini hihihi) , dan ada yang nelpon dengan suaranya yang kenceng (mungkin nggak kenceng bagi dia), "ntar ya, ni pesawat baru aja landing" , ga sabaran banget ya.. Hehe.. Untuk mengaktifkan handphone, saya biasanya baru aktifkan saat keluar pesawat, menuju ke bis pengantar ke terminal. Dan baru saat itu saya ngabarin istri saya kalo saya sudah mendarat dengan selamat.
Saat pesawat sudah berhenti, orang-orang sudah pada berdiri mengambil tas-nya, padahal ada jeda waktu yang ga singkat saat pesawat harus membuka pintu dan menunggu tangga sudah dipasang, belum lagi mengantre keluar satu persatu karena gang memang sempit.
Saya biasanya menunggu sudah agak sepi, baru berdiri dari tempat duduk dan keluar pesawat.

Sampah lagi
Saat berjalan di gang menuju pintu keluar pesawat, kembali saya lihat sampah sisa makanan berserakan, koran dan majalah pun ditaro begitu aja di kursi. Susah banget ya bawa sampah itu trus nanti buang di tempat sampah di terminal..,? Iya sih emang nanti ada petugas yang membersihkan, tapi mulailah dari sendiri menjaga kebersihan dimanapun kita berada. 
Kejadian yang baru-baru ini saya alami adalah, saat penerbangan dari Bali ke Jakarta, malam hari menggunakan maskapai CItilink, disebelah saya ada ibu-ibu muda, berlima, satu baris dengan tempat saya duduk, beberapa saat setelah take off, salah satu ibu-ibu sebelah saya itu mulai membuka bungkusan yang isinya makanan, dalam hati saya, oo aroma ini toh tadi yang mengganggu saya, (mengganggu dalam artian saya laper, ga ada makanan, hihihi), ya sah - sah saja dunk dia makan, ga sah pas dia makan ga ada basa basi nawarin,.,. Hahaha.. (Sorry to say, ni ibu-ibu berlima terlihat bermuka chinese), Oke, ga ada salahnya juga, mungkin itu budaya dia,.. Saya pun ngemil snack punya saya sendiri, GAK SAYA TAWARIN JUGA..!! Hihi.. Sehabis makan saya pun membukus bekas plastik snack, dan saya simpan di kantong baju untuk nanti saya buang di bak sampah setelah di terminal. Nah pada saat turun pesawat, ternyata plastik bungkusan makanan tuh ibu-ibu, dibuang begitu aja di bawah kursi, bungkusannya ga kecil, lumayan gede, ukuran dua sterefoam makanan, yang kaya gini nih... Ibu-ibu penampilan okelah, liburan ke Bali, bawa banyak oleh-oleh di bagasi, tapi kelakuan tetep aja katro.. Zzzz..
Ga di pesawat, ga di kali, kelakuan sama, cuma beda tempat dan kondisi aja.
  
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pramugari atas pelayanannya selama penerbangan, satu hal kecil yang kadang terlupakan mengingat pramugari juga manusia yang profesinya melayani penumpang, hehehe..  


Mungkin ada pengalaman lain dari rekan yang dirasa merupakan kelakuan buruk masyarakat kita di pesawat..??

Marilah kita introspeksi pada diri sendiri, semuanya untuk kenyamanan masing-masing..


Beberapa fakta saya naik pesawat
  • Maskapai pertama yang saya naiki adalah Batavia Air.
  • Saya baru pernah naik beberapa maskapai seperti Adam Air (uda koit), Batavia Air (koit juga), Merpati Nusantara (yang koit baru-baru ini), Sriwijaya Air, Air Asia, Lion Air (maskapai yang saat ini saya hindari) , Garuda Indonesia (Masi yang terbaik), Citilink (masi setia dengan tiket promonya sampai saat tulisan ini dibuat), Mandala Air (yang sudah bergabung dengan Tiger Air), Malaysia Airlines (saat berpergian ke Malaysia)
  • Saya pernah naek Adam Air beberapa hari setelah salah satu pesawat Adam Air jatuh, saat penerbangan itu, doa saya saat akan terbang paling khusuk.. Hihi..
  • Tidak pernah sekalipun masuk ke toilet pesawat dari dulu... Males... Hahahaha...
  • Saya lebih memilih duduk dekat jendela (tempat duduk favorit) saat check in, karena selain bisa liat pemandangan diluar, saya lebih enak keluar belakangan saat akan keluar pesawat.
  • Beberapa mengalami delay, tapi tidak pernah lebih dari satu jam.
  • Belum pernah muntah di pesawat.. Hahaha...
  • Selalu bingung nyari majalah untuk bahan bacaan di pesawat kalo saya sedang tidak bawa buku atau novel.
  • Dalam hati, selalu menilai pramugari yang ini cakep, yang itu biasa aja, yang ini seksi.. Hahaha...
  • Belum pernah masuk kokpit pilot,.,. Ya eya lah...
  • Menghindari menaro barang di bagasi, sangat mengkhawatirkan..
  • Pernah ketinggalan pesawat dua kali dari sekian kali naek pesawat, keduanya di Bandara Ngurah Rai Bali
  • Penerbangan paling jauh yang pernah saya tempuh baru LCCT/KLIA Kuala Lumpur Malaysia, Singapore dan Bandara Polonia Medan.   
  • Saya lebih suka berpergian sendiri, karena lebih menikmati penerbangan dengan mendengarkan musik di mp3 player daripada ngobrol-ngobrol.. Hehe.. rada aneh sih..
  • Saya masi parno kalo naek pesawat saat terguncang menabrak awan saat cuaca buruk, padahal sering naek pesawat. Guncangan paling keras saya rasakan dulu saat naek Lion Air dari Jakarta ke Bali malam hari..      
  • Delay yang saya paling harapkan adalah  Delay saat saya uber-uberan dari parkir menuju tempat check in saat waktu mepet..!! This is true..!! 

Bagaimana dengan anda..?? 


 
     

0 comments:

Post a Comment