Pages

Wednesday, September 11, 2013

Kartunis itu bernama Putu Ebo

 (Sumber gambar diambil dari : putuebo.com  )


Hai para sobat blogger,.,.

Apakah kalian suka liat hasil karya kartun dari seorang kartunis?
Mungkin di Indonesia banyak kartunis yang sudah besar namanya, kalo saya sendiri sih ga terlalu banyak tau, selama ini saya ngikutin (dan sampe beli buku-nya) hasil karya dari kartunis Benny dan Mice, kartun²nya keren, memiliki pesan yang tajam, dan inspiratif,.,.

Nah sekarang saya ga bicara (menulis) tentang kartunis Benny dan Mice, saya sekarang sharing tentang salah satu kartunis yang cukup populer di di Bali..

Saya tidak begitu tau biografinya bagaimana, kapan dan dimana dia lahir, atau jenjang pendidikannya bagaimana, atau juga bagaimana dia bisa terjun ke dunia kartun,.,. :D
Sebenernya males aja googling,., Hehehe,.,.

Saya cuma mau nyampein apa yang ada di kepala saya yang saya tau dan nilai tentang dia :D



Okeh,.,. lanjut.,,.       

Awal saya tau nama Ebo sebagai kartunis, dan awal saya liat karya²-nya adalah dari majalah Bog Bogbogbogcartoon.com ), iya, salah satu majalah di Bali yang bermuatkan kartun² yang memiliki tema² yang menarik tiap edisinya.
Pertama melihat majalah Bog Bog waktu itu saya masi SMA sekitar tahun 2002Dan terakhir saya membeli majalah Bog Bog sekitar tahun 2009, Hehehe,.,. cukup lama :D

Saya banyak melihat karya² kartunnya, keren², penuh pesan,  inspiratif, dan terkandung sindiran terhadap isu² yang berkembang saat itu..

Beberapa karya katun-nya yang saya ambil dari site pribadi ( putuebo.com ) dan devianart. ( putuebo.deviantart.com )




 

Keren² kan,.,.?? Saya suka liat hasil karyanya.,. :)


Dan yang ini baru aja saya nemu di twitter, keren²,.., Masi hangat tentang pro kontra reklamasi :D



 

Oh ya saya juga sempet googling², dalam beberapa event, Putu Ebo juga bisa membuat karikatur wajah, misal pengen dibuatkan karikatur wajah, temen² bisa kontak aja langsung, hasilnya keren² lho,., :D


Oke lanjut lagi,.,.

Suatu saat, sekitar bulan September 2011 entah, setan apa yang merasuki kepala saya, :D Saya pengen belajar buat kartun, sekalian iseng² mau buat kartun kali aja bisa dijadiin prewedding ,.,. Hehehe,.,.
Lalu saya googling nyari tips² dan tutorial membuat kartun.
Kebanyakan tutorial yang saya temukan di google nanggung banget, dan saat itu, akhirnya saya nemu sebuah site yang bernama  kuaskartun.com Ternyata website ini merupakan site model referal yang menjual ebook² tutorial belajar kartun, lengkap dengan konten² untuk photoshop, dan ternyata juga ni website adalah milik Putu Ebo.
Wah saya tertarik dunk..
Dan saya baca dari atas sampai bawah, konten yang ditawarkan cukup menarik, banyak bahan yang bisa saya dapatkan dari ebook.
Seperti situs² penjual ebook, kuaskartun ga begitu jauh berbeda, bahkan kita bisa jadi member yang bisa mendapatkan fee apabila kita bisa mendapatkan pembeli dari link referal yang diberikan setelah kita join (bayar)
Diakhir tulisan bawah, terdapat kata² yang membuat saya cepet² pengen beli nih ebook, karena menurut web itu harga akan naik setelah tengah malam nanti,.,. Hahahaha,.,., Baru tau itu model kata² penjual ebook,..,

Oke lah, karena saya tertarik dengan isi ebooknya, saya transfer aja sesua petunjuk yang ada, saya lupa nama yang saya transfer, tapi yang pasti saya transfer sebesar Rp 120.000 (kalo ga salah :D )
Nah setelah transfer saya konfirmasi sms,.,. tapi tidak ada jawaban,.,. Zzzz... Ini kok ga jelas,.,.,.??
Lalu saya cari aja di facebook nama putu Ebo, saya add friend, nah dari message facebook lah saya tanyakan dan konfirmasi mengenai kuaskartun.com dan mengenai kelajutan ebook yang menjadi hak saya sesuai dengan yang tertulis di website..
Percakapan seperti dibawah ini..

     

Jadi intinya putu Ebo menjelaskan kalo kuaskartun itu sebenarnya masi dipending karena ada hak cipta dari sebuah buku, dan lucunya tuh website tetap dibuka yang tentu saja bisa ada pihak yang terlanjur melakukan pembayaran,.,. Iya,.,. Saya orangnya.,,.
Tapi saya cukup salute ma putu Ebo, atas kesalahpahaman tersebut dia menjanjikan sebuah pengganti yang cukup menarik, tentu saja saya terima dengan senang hati,.,.

Oke lanjut.,.,

Hati saya masi seneng dunk, saya lalu menyiapkan data² buat kartun dan kirim ke emailnya,.,.


Saya pun menunggu kabar baik dari putu Ebo mengenai janji hasil kartunnya,..,

Dan ternyata,.,.,.


Krik.,,.,.krikk,.,.,. krikk,.,

Sepi,.,.,

Ga ada email masuk,.,.,.


Kayanya gw harus bilang wow sambil ancog² nih,.,..!!  -_-! 

*ancog² = loncat² in Balinese :D

Oke,. saya ga mau ada niat atau pikiran buruk dunk,.,. He,.
Saya konfirmasi lagi via email dan message di pekbuk :D
Waktu itu sudah berjarak 2 bulan, sesuai dengan yang sudah dijanjikan,.,.


  

Hahahaha,.,.  dan sampe Juni 2012 nasib saya masi terombang ambing,.,. Hahaha,.,. lebay.com :p

Padahal di message pekbuk uda jelas terbaca.. "Seen 30 June"

120.000 lumayan melayang,.,., Ck,.,. ck,.,. ck,.,.,.



Akhirnya saya males lagi ngurusin itu, toh akhirnya prewedding ga pake Kartun juga,.,. dan karang pun saya uda nikah, masi belum ada kabarnya,.,. Hahahaha,.,. Mantap.,,.,.!!
Ini juga iseng nulis tentang pengalaman saya ini, biar ada aja bahan tulisan di Blog,.,. Hahaha,.,. :D


Naas .,.,.,. 

Hanya Tuhan yang tau bagaimana nasib 120.000-an saya,.., Hahahaha,.,.!!

Mungkin sebagian orang nganggap 120.000 kecil,.,. gitu aja mewekk,.,.,.
Eiittss,.,.., Bagi saya 120.000 lumayan lohh,..,
Kalo buat beli loloh gamongan , saya bisa sambragh ngelangi,.., Wahahahaha,.,.,.,. =)) =))


kesimpulanya,.,.,.??

Jadi saya baru tau 'kartunis' itu bernama Putu Ebo.,.., 
Hahaha,.,. ending yang ga nyambung,.,.., :D



Gitu aja,.,.

Salam kartun,..,
Salam kreatif,.,.
Salam 120.000
Salam sial,.,.
Salam stress,.,.
Salam kontroversi hati (gubrakkk...
Salam PHP.,,. :D 
Salam pramuka,.,.!! #eh




*kabur      



Oh ya,.,.,. saya iseng tadi buka website kuaskartun.com itu,.,.

Ternyata websitenya WIS MODAAARRR,.,.,.,. Waakss,,..



*kaburlagi
 

0 comments:

Post a Comment