Pages

Thursday, September 12, 2013

Sebuah lagu sunda.. Anjeun..






♫♫  " .............
Teu aya deui, nu mikancinta iwal anjeun
Teu aya deui, nu mikamelang iwal anjeun
Pangnyaahna sadunya, pangbageurna sadunya iwal anjeun
Anu heman tur daria, anu jangji satia ngan ukur anjeun
............." ♫♫


Sebuah lagu sunda mendayu terdengar asing diruangan kerja saya dari sebuah HP rekan kerja yang duduk di sebelah,.
Asing karena sebelumnya tidak pernah denger, dan asing juga dengan bahasanya, karena saya blasss ga ngerti bahasa sunda sama sekali, taunya paling juga 'aya' dan 'naon' aja,  yang lainnya ga ngerti,.,. Hehehe,.,. :D

Saya sebenarnya bukan seorang yang fanatik menggemari musik, pokoknya musik yang asik didengerin ya saya dengerin,.,. 
Mau itu dangdut, lagu pop daerah, keroncong, rock, pop, melayu, apapun, asal enak denger, ya lagunya wajib masuk playlist di winamp :D 

Nah untuk lagu sunda, ga banyak saya tau, paling juga pernah denger lagunya Doel Sumbang, itupun bahasanya ga ngerti..

Nah untuk yang lagu saya dengerin ini, saya suka musiknya, suka suara penyanyinya,..
Mendayu dan melodi-nya enak banget didengerin, ciri khas musik pop sunda..
Tapi ya balik lagi, ga ngerti tuh artinya apaan,.,. Hahaha,.,.

Lalu saya iseng nanya ma temen saya itu (Sebut saja namanya Kang Dawood)    
Ternyata nih lagu judulnya "Anjeun"
Saya nanya lagi, Mang 'Anjeun' artinya apaan? 
Ooo ternyata artinya 'kamu'

Saya pun googling dunk nyari tentang nih lagu,.,. Hehehe,.,.

Lagu Anjeun ini dinyanyikan oleh Nining Meida berkolaborasi dengan Andang Cengos dan diciptakan oleh Nano S.

Yak,.,. Blas lagi,,.
Nama² tersebut sangat asing di telinga saya :D
Tapi nih lagu asik didengerin,.,.

Berikut klipnya di Youtube:




Saya lalu penasaran tentang nih lagu tentang apa.,,
Saya googling lagi,.
Akhirnya nemu satu sumber di : http://liriksunda.blogspot.com/ 


Saya kutip dulu liriknya :
       


Teu aya deui, nu mikancinta iwal anjeun
Teu aya deui, nu mikamelang iwal anjeun
Pangnyaahna sadunya, pangbageurna sadunya iwal anjeun
Anu heman tur daria, anu jangji satia ngan ukur anjeun

Duh aduh aduh aduh
Hate bagja bisa papanggih jeung anjeun
Duh aduh aduh aduh
Hate reugreug aya sagigireun anjeun

Ngan saeutik hanjakalna
Lamun tepang osok ngajak rurusuhan
Dasar kudu kanyahoan
Horeng anjeun geus rimbitan

Teu aya deui nu jadi pikir iwal anjeun
Teu aya deui nu kagundamkeun iwal anjeun
Inggis beunang ku batur
Inggis bogoh ka batur, iwal anjeun

Unggal peuting babacaan
Mapatkeun pelet asihan husus keur anjeun
Duh aduh aduh aduh
Kurang dahar, kurang sare mikir anjeun
Duh aduh aduh aduh
Hayang deukeut, hayang geugeut...Ngan jeung anjeun

Dasar kudu kanyahoan
Ngirim surat salah ngasupkeun eusina
Gurat sial jeung cilaka
Putus ka ditu ka dieu.


Okeh,.,. lirik uda dapet,.,. tapi kan ga ngerti artinya :D
Saya cuma ngerti yang bagian 
"Kurang dahar, kurang sare mikir anjeun"
Kurang makan, kurang tidur, mikirin kamu,.,.
Iya, karena istilah 'dahar' dan 'sare' sama dengan bahasa Bali :D

  
Di blog yang sama, beruntung dibuat translate lagunya,.,.
Saya kutip disini 

Teu aya deui, nu mikancinta iwal anjeun
Teu aya deui, nu mikamelang iwal anjeun
Pangnyaahna sadunya, pangbageurna sadunya iwal anjeun
Anu heman tur daria, anu jangji satia ngan ukur anjeun


Tidak ada lagi, yang mencintaiku selain dirimu
Tidak ada lagi, yang mengkhawatirkanku selain dirimu
Paling sayang sedunia, paling baik sedunia selain dirimu
Yang menyayangi dan lagi nyaman, yang berjanji setia hanyalah dirimu saja


Duh aduh aduh aduh
Hate bagja bisa papanggih jeung anjeun
Duh aduh aduh aduh
Hate reugreug aya sagigireun anjeun


Duh aduh aduh aduh
Hati bahagia bisa bertemu dengan dirimu
Duh aduh aduh aduh
Hati selalu merasa aman/ nyaman berada disamping dirimu


Ngan saeutik hanjakalna
Lamun tepang osok ngajak rurusuhan
Dasar kudu kanyahoan
Horeng anjeun geus rimbitan


Cuman sedikit yang membuat kecewa
Kalau bertemu selalu terburu - buru
Dasar harus ketahuan
Ternyata dirimu sudah berumah tangga/ punya anak


Teu aya deui nu jadi pikir iwal anjeun
Teu aya deui nu kagundamkeun iwal anjeun
Inggis beunang ku batur
Inggis bogoh ka batur, iwal anjeun


Tidak ada lagi, yang menjadi pikiranku selain dirimu
Tidak ada lagi, yang mengusik hatiku selain dirimu
Takut nanti ditaksir orang lain
takut nanti naksir dengan orang lain, hanyalah dirimu saja


Unggal peuting babacaan
Mapatkeun pelet asihan husus keur anjeun
Duh aduh aduh aduh
Kurang dahar, kurang sare mikir anjeun
Duh aduh aduh aduh
Hayang deukeut, hayang geugeut...Ngan jeung anjeun


Tiap malam komat kamit
membaca pelet asihan khusus untuk dirimu

Duh aduh aduh aduh 
Kurang makan, kurang tidur memikirkanmu
Duh aduh aduh aduh
Ingin dekat, ingin sayang...hanyalah dirimu seorang


Dasar kudu kanyahoan
Ngirim surat salah ngasupkeun eusina
Gurat sial jeung cilaka
Putus ka ditu ka dieu


Dasar harus ketahuan
Ngirim surat salah masukin isinya
Garis sial dan celaka
Putus kesana kesini

 

Keren juga ya liriknya :D
Kalo di bahasa bali-kan, mungkin artinya "The Only One"
Kaya lagunya Dewa19, Kamulah satu²-nya,.

Bedanya, nih lagu punya ending yang lucu, dan cenderung kocak,.
Dasar si cowo sial, ngirim surat aja salah, jadinya ketahuan uda punya anak,.,. Hahaha.,.,.







    

Gara² nih lagu,.,. akhirnya saya uodate status di pekbuk, biar ga kalah ma pesbuker yang galau,.,. :D

"Duh aduh aduh aduh
Kurang dahar, kurang sare mikir anjeun,.,.,. "


Hahahahaha,.,.,. Aya² wae eta,.,.., #eehhh,.,.

2 comments:

  1. sbg org sunda sy jg ngakak si sm endingnya lagu ini, pdhal lirik uda sosweet2 di awal wkwk.. Jadinya kudu di cut klo mau kirim ke suami nanti :D

    ReplyDelete
  2. Sy org jogja seneng nih lagu, termasuk juga Lagu kalangkang.

    ReplyDelete