Pages

Thursday, September 12, 2013

Sakit.. Biji gue keplintir.. !!

(Sumber gambar diambil dari  Google )

"Biji gw kenapa nih,.,.??
Sakit banget,.,.!! Rasanya kaya abis ditendang..

Keringat dingin bercucuran,.,. gak kuat banget,.,.,.!! "



Rasa sakit itulah yang saya rasakan 'biji' saya..


Saya googling, nemu sebuah penyakit yang namanya "Torsio Testis" yang bahasa awamnya, 'biji' / Testis yang terplintir,.., :D

Saya kutip dari salah satu website tentang penyakit ini.. :



"Apa Yang Dimaksud Dengan Torsio Testis?

Torsio Testis adalah kondisi medis yang ditandai dengan terpilinnya funikulus spermatikus, suatu kumpulan pembuluh darah, saraf dan saluran yang mengarah ke testis, sehingga terhentinya suplai darah terhadap testis dan menyebabkan rasa nyeri yang tiba-tiba pada testis. Hal ini seringkali disertai dengan mual, muntah dan pembengkakan pada testis. Biasanya kedua testis terkena. Torsio testis seringkali terjadi pada pria yang berusia antara 10 dan 25 tahun. Hal ini dipertimbangkan sebagai suatu emergensi medis karena kurangnya suplai darah ke dalam testis dapat menyebabkan kerusakan menetap apabila tidak ditangani dalam waktu 6 jam, memerlukan penangangkatan testis dan menyebabkan infertilitas. Pembedahan biasanya diperlukan untuk memperbaiki funikulus spermatikus yang terpilin. "
 


Oke,.,. kurang lebih seperti itu gambaran penyakit yang saya alami..

Saya cerita dari awal,.,. :D


Suatu malam saat mau tidur, saya merasakan sakit yang luar biasa pada 'biji' saya, waktu itu saya tahan, tapi berselang beberapa menit sakit yang saya rasakan itu berangsur menghilang..
Dan itu adalah rasa sakit yang pertama kali saya rasakan..


Sekitar pertengahan tahun 2006,..
Pagi hari saat bekerja di kantor, saya mengalami sakit yang pernah saya alami sebelumnya.. 
Luar biasa sakit,.
Muka pucat, keringat dingin.,.
Saya tidak tau ini sakit karena apa, yang pasti sangat sakit..
Lalu saya minta tolong teman untuk mengantar saya ke Rumah Sakit terdekat, kebetulan yang paling dekat adalah RS Persahabatan di kawasan Rawamangun..
Disana saya ga tau prosedur apa yang harus saya tempuh untuk mendapatkan penanganan yang cepat, saya harus daftar sana sini, ngantre lagi, karena suasana poliklinik sedang ramai, tapi disisi lain 'biji' saya sudah sakitnya ga nahan,.,.
Saya pun pingsan saat ngantre, dan dilarikan ke UGD..
Saat ketemu dokter dan memegang 'biji' saya, beliaupun merekomendasikan untuk sesegera mungkin dilakukan operasi,.

Deg,.,.,

Buseettt,..
Ini pertama kalinya saya masuk rumah sakit, ketusuk jarum infus pun belum pernah, ini uda langsung operasi,..

Saya coba diskusikan dengan dokter, apakah operasi bisa dilakukan di rumah sakit di Bali, karena biar keluarga saya di Bali bisa merawat saya saat operasi. Tapi menurut dokter, operasi harus segera dilakukan, kalu tidak salah satu testis tidak bisa diselamatkan,.,. 

Ampunnnn,.,. ini masa depan dan amunisi saya sebagai lelaki, masa ga selamat.,,. Hahaha,.,.

Oh ya, saya sedikit meraba 'biji' saya, ternyata yang sebelah kiri yang terpelintir, posisi lebih naik..

Karena saat itu ga ada keluarga, teman saya lah yang menyetujui dilakukannya operasi.,.

Saat sebelum operasi, saya masi bingung tentang penyakit saya, dokter hanya bilang torsio torsio, istilah yang sangat asing bagi saya,.,. :D


Operasi pembedahan pun dilakukan, pembiusan setengah, jadi saya masi sadar, tapi saat operasi saya ngantuk, ya tidur aja, soalnya malam sebelumnya saya begadang nonton Piala Dunia,.,. Hahaha.,,.
Operasi berjalan kurang lebih sejam, berjalan lancar,.,.
Saya masi belum merasakan apa² karena pengaruh bius, saya belum tau bagian mana yang dibedah,.,.

Bodo amat lah, yang penting uda mendingan,.,. Hahaha,..,

Ternyata pembedahan dilakukan pas dibagian 'biji' sebelah kiri,..,
Dan sampe sekarang bekas jahitan masi ada.,,. :D




Penyakit yang aneh,..

Teman² yang datang menjenguk pada ngetawain,.., Hahaha,..,
Katanya kalo uda sembuh, kejantanan harus di tes,.,. Wakakaka,.,.
Ada² aja,.,. :D





Ada cerita lucu sesaat sebelum operasi,.,.
Standar persiapan operasi, bagian kemaluan saya harus dikuris untuk membersihkan rambut² yang ada.,,.
Teman saya ogar nyukurin,.,. Wakakaka,.,.
Dan akhirnya seroang suster ibu² yang bantu nyukurin..,
Kata temen, untungnya bukan suster yang muda,. kalo muda dan cantik, bahaya,.,. 'si dede' bisa bangun.,., Wakakaka,.,. =))



Syukurlah sampai saat ini saya sudah tidak merasakan sakit yang seperti itu lagi :D



Untuk informasi mengenai penyakit ini, ada banyak di google, lengkap dengan video pembedahan dan gambar²nya,.,.



 

        
Tapi maaf, ga ada foto beneran dari 'biji' saya yang keplintir,.., Hahaha,..,,.



Gitu aja,.,. semoga menambah wawasan temen² di dunia perbijian,.,. Ehhhhh,.,.,. dunia kesehatan dink :D


  

15 comments:

  1. biaya operasinya berapa mas? saya juga terkena torsio. dan belum ada biaya buat operasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya lupa persisnya bayar berapa, karena waktu sakit, pas pulangnya, urusan administrasi sudah dibereskan oleh keluarga, dan kebetulan juga pake ASKER di RS Persahabatan Jakarta Timur

      Delete
  2. mas, apakah wkt sakit pertama langsung operasi apa sudah beberapa lama dari sakit baru ke dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lama baru respon, ga tau kalo ada komentar masuk..
      Saya mengelami beberapa kesakitan, kalo ga salah sekitar 2-3 kali, tapi yang pertama dan kedua, sakitnya cepat reda, jadi saya tidak bawa lari ke rumah sakit, nah yang ketiga itu yang paling parah dan sakit, akhirnya saya larikan ke rumah sakit dan tindakan operasi.

      Delete
  3. Mas.ini sakit pertama langsung oprasi ato sudah beberapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mengalami beberapa kesakitan, kalo ga salah sekitar 2-3 kali, tapi yang pertama dan kedua, sakitnya cepat reda, jadi saya tidak bawa lari ke rumah sakit, nah yang ketiga itu yang paling parah dan sakit, akhirnya saya larikan ke rumah sakit dan tindakan operasi.

      Delete
    2. aku juga mengalami hal yang sama pak, jadi kayak nyeri gt ini baru saya mau periksakan . kalau operasi bisa langsung pulang gak pak ? terima kasih

      Delete
    3. Kalo bole langsung pulang sih itu wewenang dokter untuk mengijinkan, tapi yang pasti kalo saya masi menginap di rumah sakit sekitar 3 hari sampai saya sudah bisa berjalan dengan baik, setidaknya setelah operasi masi ada beberapa observasi lagi dari dokter..

      Delete
  4. Mas saya juga merasakan gejala begitu tapi sakit cuma beberapa saat, habis itu hilang, boleh minta kontak mas buat tanya2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus segera di periksa, takutnya kayak saya yg harus di angkat satu karma sudah 4 hari, pertama masuk UGD besoknya langsung operasi karena sudah mati testis yg satu, jadi harus segera di tangani oleh dokter

      Delete
    2. Anak saya selasa pagi kemaren 21 june juga mengalami hal yg sama. Sakit peut. Di periksa. Tnyt torsio. Malam nya kgsg operasi. 3 hari di RS.

      Delete
  5. Apa pada saat itu buah zakarnya membengkak saat sakit pak?

    ReplyDelete
  6. Apa berpengaruh ke kesuburan bro? Terus apa testis nya di angkat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak berpengaruh ke kesuburan, anak saya sudah dua.
      Syukurnya testis tidak diangkat, karena tidak terlambat untuk diambil tindakan.

      Delete