Pages

Saturday, September 14, 2013

nanoe Biroe, sebuah inspirasi



(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )



" ............ 
Beduda... Kanggoang tai urek.,,.,. "


Ya begitulah,(bisa dibilang) jargon dari Nanoe Biroe.,.. !
Apa artinya kalimat itu,.,.??
Saya sendiri agak bingung meng-Indonesian kalimat itu.,,. Tapi ngerti maksudnya,.,. Hahaha.,,...



Kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang salah satu pemusik/penyanyi Bali yang karya² musiknya saya sukai, yang saya tulis disini adalah sebatas sepengetahuan di kepala saya saja,
Tentu banyak kurangnya,.,. Hehe,.,.

Sebelum saya cerita tentang saya dan musik nanoe Biroe yang saya dengarkan selama ini, saya ingin mengutip dari official website Beduda yang mengupas tentang biografi dari nanoe Biroe
Kutipan biografi saya ambil dari badudapro.com


(Sumber gambar diambil dari www.last.fm  )

Lahir sebagai laki-laki, di Denpasar 17 November 1982 dengan nama lengkap I Made Murdita. Mulai menekuni seni musik sejak SD dan mencari jati diri lewat pembentukan lebih dari 10 Band dengan musik yang terus berkembang. Salah satu band yang populer yang dimotori nanoe Biroe adalah BIROE Band (1998).

Nama nanoe Biroe mencuat kencang setelah keputusannya bersolo karir dan memainkan lagu berbahasa Bali. Fantastisnya penjualan album pertama nanoe Biroe “Suba Kadung Metulis” mencapai hingga 48.000 copy yang juga diiringi menjamurnya fans nanoe Biroe yang dijuluki BADUDA dari anak-anak kecil, remaja, mahasiswa, pejabat, sampai ibu-ibu, dan sebagian besar lapisan masyarakat di Bali.

Pengemasan grafis dan produksi marchandise seperti stiker, pin, emblim, t-shirt, kemeja, celana, boxer, gasper, tas, topi dll juga semakin melambungkan popularitas nanoe Biroe. Bahkan sampai ke luar Bali, terbukti dengan lahirnya perkumpulan Baduda Lombok, Banyuwangi, Bandung, Yogya, Manado, Palu, Lampung, dll.

nanoe Biroe yang saat ini masih berstatus mahasiswa Fakultas Desain Grafis ISI Denpasar ini memang suka melakukan terobosan-terobosan baru. Perwujudan image lewat rambut gimbal, percing, sepatu beda warna, dan ditambah karakter vocal yang khas sangat memudahkan masyarakat mengenali nanoe Biroe.
Kreativitas dan Idialisme nanoe Biroe membawa nanoe Biroe kepada beberapa penghargaan lokal dan nasional. Seperti penganugrahan musik Bali dan MUSEUM REKOR INDONESIA (MURI) lewat sampul album tepanjang (1 meter) dan penyanyi berkemampuan bernyanyi terlama 80 Jam non stop (7-11 Mei 2010).


Dijuluki The President Of Baduda dipertanggung jawabkan nanoe Biroe dengan revolusi fans club menjadi organisasi Baduda Muda Bali, yang menjadi wadah para Baduda untuk berkumpul melakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti kegiatan sosial kemanusiaan, lingkungan dan lain-lain.

Terpilihnya nanoe Biroe menjadi duta narkoba, AIDS, dan lingkungan, semakin membuktikan bahwa musik dan lagu nanoe Biroe tidak hanya menghibur, tetapi juga mengandung informasi, edukasi, inspirasi dan motivasi. “Bermimpi, beraksi, berbagi” adalah mottonya. “Semangat full” adalah kata-kata yang sering diteriakkannya. salam Baduda !!!

PENGALAMAN TAMPIL :

FESTIVAL BAND:
Pengalaman nanoe Biroe menjajal panggung ke panggung festival band dilakoninya sebagai vokalis bersama Biroe Band, di Bali dan Jawa dari tahun 1998 sampai 2002.
Selain kerap menyabet gelar vokalis terbaik, nanoe Biroe bersama Biroe Band juga mewakili Bali NTT NTB dalam festival ROCK ke XI Log Zellebour di Stadion Tambak Sari Surabaya, dan meraih 10 Besar dan berhak atas album Kompilasi, produksi Loggis Record.

BERSAMA BAND NASIONAL :
nanoe Biroe sering kali juga menjadi band pembuka band-band Nasional ketika show di Pulau Dewata. nanoe Biroe pernah sepanggung bersama GIGI, Sheila On 7, BIP, Jamrud, SID, Project Pop, Ari Lasso, Radja, SKJ 96, D’Masiv, KOTAK, dan lain-lain.

KONSER TUNGGAL/ TOUR:
Konser tunggal dan tour nanoe Biroe selalu dilaksanakan di semua kabupaten dan Kota di Bali setiap tahun, pasca perilisan album baru.

KONSER UNIK:
bersama Baduda Production dan Baduda Muda Bali, nanoe Biroe juga beberapa kali melaksanakan konser-konser yang unik. Diantaranya konser di atas sungai dan Konser 4 malam 5 hari di lapangan Puputan Badung.

KONSER SOSIAL DAN SOUNDRENALINE :
Event-event sekala kecil di desa-desa juga kerap dibuat nanoe Biroe. Dibarengi kegiatan pengobatan gratis dan penghijauan. Dan sebuah kebanggan bagi nanoe Biroe dan Baduda bisa mewakili musik berbahas Bali di event terbesar di Indonesia, Soundrenaline 2009 di GWK Bali.

PRESTASI DAN PENGHARGAAN :

PRESTASI VOCAL DAN BERMUSIK :
- Vocalis terbaik Sunday Music Fiesta 1999
- Vocalis terbaik Festival Pelajar Se-Bali 2000
- Vocalis terbaik Shogun Anyar 2000
- Vocalis terbaik Fest. Musik Se-Jawa Timur 2000
- Juara I Sunday Music Fiesta 1999
- Juara III Noceng Band Competition 1999
- Juara III Festival Rock Pelajar 1999
- Juara III Festival Rock Pelajar Se-Bali
- Juara III Festival Gong 2000
- Juara II Festival Pelajar Filateli 2000
- Juara II Festival Fruit Tea 2000
- Juara I Festival Shogun Anyar 2000
- Juara I Festival Band Gong Gaul 2000 Surabaya
- Juara II Festival band Equilibrium
- Juara I Rock Log Zhelebour se-Bali dan NTT, 2002
- 10 Besar Fest. Rock Log Zhelebour se-Indonesia

PENGHARGAAN PENGANUGRAHAN DAN KHUSUS :
- Pencipta lagu Terbaik Denpost Award 2005
- Pendatang Baru Terbaik Pria Gita Denpost Award 2006
- Lagu Terbaik Gita Denpost Award 2006
- Album Terbaik Gita Denpost Award 2006
- Sampul Album Terbaik Gita Denpost Award 2006
- Duta Wicara Lingkungan, Kementrian Lingkungan Hidup, 2006
- Sampul Album Terbaik Gita Denpost Award 2007
- Duta Remaja Peduli AIDS, Aliansi Peduli AIDS, 2007
- Musisi Peduli AIDS, Gubernur Bali, 2007
- Penghargaan Pengabdian Kemanusiaan, PMI Bali 2008
- Lagu Terpopuler Radar Bali Award 2009
- Penghargaan khusus “Inovator” Radar Bali Award 2009
- Artis Bali Terfavorit Gita Utama Nugraha 2009
- Musisi/ Penyanyi Kreatif Gita Utama Nugraha 2009
- Peduli Sungai Bersih, Walikota Denpasar, 2010
- AIDS Day Appreciation, DPD RI & KMDGS, 2010
- Penghargaan Bantuan Kemanusian di Wasior, Merapi dan Wasior, PMI, 2010

PENERIMA PENGHARGAAN REKOR NASIONAL :
- Sampul Album Terpanjang MURI 2007
- Penandatangan Sampul album terbanyak MURI 2007
- Bernyanyi terlama 80 jam non stop, MURI 2010- Konser Dengan penonton berendam terbanyak.
 

Penghargaan MURI untuk kategori jumlah penonton terbanyak berendam di sungai pada sebuah konser. Rekor itu tercatat sebagai rekor ke-5545 dalam MURI 


Nah sudah sedikit  jelas mengenai biografi nanoe Biroe, sudah banyak hal yang telah dilakukan nanoe di dunia musik..





Sebelum cerita lebih jauh, saya menginformasikan bahwa di tulisan ini ada beberapa link download mp3 lagu² nanoe
TAPI... Saya mendukung peperangan terhadap yang namanya pembajakan, silahkan membeli CD / kaset (kalo masi ada) yang original alias asli di toko terdekat, untuk mendukung perkembangan musik Bali..



(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )


Okeh kancut,.,. eh lanjut.,,.,.

Sebenarnya saya bukan fans berat dari nanoe Biroe yang sudah pasti tau setiap jengkal tentang Nanoe, selama ini saya hanya menikmati musiknya saja, dan tanpa tau lebih banyak mengenai sosok Nanoe lebih dalam..

Pertama kali mendengarkan suara Nanoe, malah saya dengarkan secara live dulu sekitar tahun 2001 (kalo tidak salah).
Waktu itu Nanoe manggung di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja bersama Band-nya waktu itu, yaitu Biroe Band.. Waktu itu rambutnya belum gimbal kaya sekarang :D
Setau saya sih (kalo ga salah) Biroe Band ini karya musiknya terinspirasi dari Slank, dan kalo ga salah juga, mereka slanker, dan kebetulan saya slankers juga,.,.

Nah, disekitar tahun 2003, waktu itu blantika musik Bali diramaikan oleh Band² bernuansa modern, tapi mengusung bahasa Bali, sebelumnya musik Bali didominasi oleh Pop Bali, mungkin sedikit atau bahkan tidak ada Band yang muncul membawakan lagu² berbahasa Bali.
Mungkin ada, tapi tidak terlalu terdengar di masyarakat awam yang tidak begitu mengikuti perkembangan musik Bali.   
Band yang pertama mempelopori musik dengan bahasa Bali waktu itu adalah Lolot, dengan hits-nya I Luh Sari (setidaknya band pertama yang saya dengar dengan membawakan musik berbahasa bali).
Ternyata enak didengar, sama sekali tidak terkesan kampungan..
Dan kalau tidak salah, salah satu personel Lolot adalah pecahan dari personel dari Biroe Band,.,. Maaf itu sepengetahuan saya saja, tidak valid kebenarannya,., Hahaha.,,.

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )


Oke, balik mengenai Nanoe Biroe.
Tidak berselang jauh dari awal munculnya band dengan membawa musik berbahasa Bali, di tahun 2005, sampai lah ke telinga saya musik nanoe Biroe ini.
Saya tau dari teman dan kakak yang merekomendasikan musik ini.
Waktu itu masi album pertama nanoe Biroe "Suba Kadung Metulis" yang artinya 'Sudah terlanjur ditulis'. 

Setiap dengerin musik sambil kerja, saya mendengarkan satu album ini,.,.
Nah dari sinilah mulai melejit nama Nanoe Biroe, musiknya mulai digandrungi anak² muda Bali,.,.

Saya ga menceritakan per album ya,.,. Hehehe,..,

Lagu yang paling sering saya dengarkan saat itu adalah 'Tresna Sing Harus Ngelahang' yang artinya 'Cinta Tidak Harus Memiliki'
Lagu yang cukup melow lengkap dengan iringan pianonya,.,.Hahahaha..,,.   galaouw,.,. galaouw,.,. !!

Lagu 'Beduda (tai urek)' merupakan mars bagi para Beduda, yang ada di album pertama ini.
Bagi yang belum tau, Beduda adalah sejenis serangga atau kumbang kotoran, yang biasanya sering ditemukan di kotoran sapi..
Mungkin inspirasi Beduda ini datang dari pengalaman buruk yang dialami Nanoe yang disebut seperti Beduda oleh orang tua cewe-nya saat dia berkenjung ke rumah cewenya, Mungkin kisah itu diceritakan dalam lagu 'Manusa panak manusa' lagu yang sangat dalam liriknya,.,. nyesek lebih tepatnya :D


(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )


Menurut saya, lagu² nanoe Biroe menjadi sangat 'laris' di kalangan anak muda di Bali, karena lagu² nanoe Biroe tergolong easy listening, lirik² lagunya sangat mewakili kehidupan sehari² kita bahkan pemilihan kata² pada liriknya dalam dan cenderung apa adanya, selain itu, nanoe mengusung genre musik yang beragam, beragam dalam skup genre musik yang disukai anak muda, ada rock, regae, blues dan juga ada sentuhan² musik ciri khas Bali. Itulah mengapa (menurut saya) musik nanoe sangat familiar dan cepat untuk disukai penggemarnya... :)         


Sampai saat ini sudah banyak lagu yang sudah dirilis nanoe, saya sendiri ga begitu ngikutin sekarang entah berapa lagu yang sudah dia ciptakan sampai dirilis dalam beberapa album..

Salah satu hal lagi yang membuat saya suka dengan lagu² nanoe, lagu²nya ga 'Cinta Melulu' (lagunya efek rumah kaca :D)
Iya, bisa dicek peralbum deh, dalam satu album, tema² yang diambil ga hanya soal cinta, ada juga mengenai isu yang sedang berkembang, tentang pertemanan, pesan² moral, gaya hidup anak muda saat ini..
Yang saya tangkap, nanoe memiliki idealisme dalam bermusik, melalui lagu²nya dia mengkampanyekan hal-hal yang positif, diantaranya :
 
Dan tentu masi banyak hal² positif yang ada dalam lagu² nanoe Biroe yang belum bisa saya ungkap semua disini :D

Dari segi warna musik, inspirasi pemilihan tema lagu, dan idealisme bermusik, menurut saya (lagi), nanoe memiliki kemiripan dengan Slank.,,.
Iya, salah satu band besar di Indonesia, yang juga merupakan idola dari nanoe. Sebagai slankers, sedikit tidak banyak, saya tau lagu² Slank, bagaimana Slank dengan idealisme-nya mengkampanyekan hal² positif, dan memerangi pemerintahan yang bobrok..

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )



Mungkin hanya itu yang bisa saya gambarkan tentang nanoe menurut saya, tentu sangat kurang sekali, tapi karena ini adalah blog saya, saya hanya bisa menuangkan apa yang ada di kepala saya tentang nanoe..



(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )




Nah sekarang saya lanjutin cerita tentang saya dan mendengarkan lagu nanoe..

Saya mendengarkan full seluruh lagu dalam satu album hanya di album pertama (Suba Kadung Metulis) dan album kedua saja (Metunangan Ngajak Dewa), waktu itu playlist itunes seringnya lagu² nanoe di kedua album tersebut, setelah itu saya hampir tidak pernah mengikuti lagu² nanoe lagi.
Sampai suatu hari, saat iseng malam hari, saya kangen mendengarkan lagu² nanoe, dan saya cari informasi mengenai lagu² terbarunya, karena sudah cukup lama saya tidak mengikuti perkembangannya..
Saya cukup terkejut, saya uda ketinggalan banyak album, Hahaha,.,.
Akhirnya saya dengerin beberapa lagu saja yang menurut saya paling enak didengar..

Sekarang saya pengen share, lagu² nanoe yang menjadi favorit saya, dari sekian banyak lagu²nya,..,
Okeh saya share satu persatu, semoga saya bisa melengkapi dengan lirik dan alasan mengapa saya paling menyukai lagu² ini..

Pertama lagu² nuansa cinta dan wanita dulu ya.,. Hehehe,.,.


 
Saya awali dulu dengan lirik, dan saya coba translate ke Bahasa Indonesia, semoga ga salah, maklum masi banyak kosakata bahasa Bali yang masi terasa asing di telinga  :D
       
 Lirik :  Tresna Sing Harus Ngelahang
Adi jegeg ne sayangang beli
Sampunang ja adi sebet buka kene
Beli tusing ja gedeg ken adi
Beli tusing ja sebet unduk tresnane
Sane ketolak


Beli tusing ja nak muani blengih
Bin besik beli sing demen memaksa anak luh
Jani iraga tetep metimpal
Tresna ne gelahang beli jagi kesimpen beli
Kanti beli mati


Dumogi ja adi molihang arjuna sane bagus
Sane satya ken adi, beli masih milu bagia
Engsapang ja tresna
Ne gelahang beli ken adi
Sayang beli kapining adi
Tresnan beli sing harus ngelahang… Adi..


Translate :
              Bli = Saya seragamkan saja menjadi 'Aku' walaupun berarti Kakak
           Adi = Kamu
Adik cantik yang kusayangi
Jangan sedih seperti ini
Aku gak marah sama kamu
Aku gak  sedih akan cinta yang ketolak

Aku bukanlah cowo yang cengeng
Satu hal, aku tidak suka memaksa wanita
Sekarang kita tetap berteman
Cinta yang aku miliki akan aku simpan
Sampai aku mati <--- (Beeuuhhh..)

Semoga kamu mendapatkan Arjuna yang ganteng
Yang setian denganmu,  aku juga ikut bahagia
Lupakanlah Cinta
Yang aku miliki ke kamu
Sayangku terhadapmu
Cintaku gak harus memiliki.. Kamu... 
 


'Tresna Sing Harus Ngelahang' atau 'Cinta Tak Harus Memiliki'
 Kenapa saya suka lagu ini?
Standar, masa muda masa bercinta, pernah merasakan cinta ditolak,.,. Trus bilang Cinta ga harus memiliki,.,.Hahaha,.., 
eh sebenarnya ga pernah ditolak sih, tapi diterima, cuma karena kasian,.,. Wakaka,.,. lebih naas,.,. (curhat.com)
Plis ignore kalimat terakhir,.,. ga penting.,. -_-
Lirik lagu ini dalem,.,. sampe bilang mau nyimpan cinta mpe mati,.,. Hahaha,.,. Tapi bisa jadi kalo cita sejati kaya gitu, 
Trus lagu melow kalo diringi piano tuh sesuatu banget,.,. pas banget nuansanya, dan yang menambah manis lagu ini adalah di pertengahan lagu disisipi seperti suara sofran/seriosa gitu,.,. manis banget,.,. :D 





 Lirik : Nak Mula Kuangan II
Ulian lacur, Bli berpikir mundur
Ulian bocok, Bli merasa sing cocok
Ulian ento, ragan Bli sing bani ngorang tresna
Metilesan raga..

Karna Bli nak mula kuangan
Kuang bagus, kuang dueg, kuang sugih
Nak mula Bli kuangan
Kuang tegeh, kuang mokoh, kuang kedas.. 

Translate :

Karena miskin, aku berpikir mundur
Karena jelek, aku merasa ga cocok
Karena itu, diriku ga berani menyatakan cinta
Tau diri.. 

Karena aku memang kekurangan
Kurang ganteng, kurang pintar, kurang kaya
Memang aku kekurangan
Kurang tinggi, kurang gemuk, kurang bersih..

 

'Nak Mula Kuangan' atau 'Memang Kekurangan' 
Nah lagu merupakan 'repacking' dari lagu sebelumnya yag memiliki judul sama, yaitu Nak Mula Kuangan dari album Suba Kadung Metulis.
Kalo di-Indonesiakan, lagu ini berjudul Memang Kekurangan
Dari isi atau maksud lagu, ga berbeda dengan lagu pertama, hanya repacking lagu kedua ditambahkan lirik dibagian awal, yaitu lirik 
 
"Ulian lacur, Bli berpikir mundur
Ulian bocok, Bli merasa sing cocok
Ulian ento, ragan Bli sing bani ngorang tresna
Metilesan raga.."

Lirik tersebut tidak ada pada lagu pertama, mungkin lirik ini memperjelas dan menambah kekurangan yang dimiliki,.,. Hahaha
Pemilihan kata 'ulian' dipilih sebagai pembeda kata 'karna' di bait kedua, yang walaupun secara arti ga jauh berbeda..
Selain itu, yang membuat manis lagu ini adalah adanya background musik yang mendayu mengiringi suara gitar akustik, sedangankan di lagu pertama hanya diiringi gitar akustik saja, menurut saya background musik itulah yang membuat manis pada saat membuka lagunya..
Lagu ini cukup singkat, tapi padat,..
Menggambarkan 'tau diri' karena merasa ga syarat² pakem untuk menembak seorang cewe jaman sekarang,.,. Hahaha,.,.
Lagu ini penuh kerendahan hati, walopun emang benar adanya,., :D
Kenapa rendah hati, karena di lagu ini ga diceritakan kelebihannya, mungkin karena dia tulus, setia, dll.. Emang sesuai judulnya, hanya mengungkapkan kekurangannnya saja.,.
Lagu yang apa adanya :D    


Lirik : Tusing Ulian Perawan
Kal tekep Bli  kuping Beline
Rikala anake nyelek-nyelekin I Luh*
Anggap Bli makejang ento jelema iri
Nyingakin ragan Beli jak raga I Luh...

Mula keto I Luh, anake dina janine
Tusing demen ningalin timpalne demen...
Sampunang I Luh nyebetin unduke ento
Anggap makejang gegodan tresnan iraga
Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu
Keto pepatahne ngorahang...

Diastun ditu jani liu anake ngorahang
Ragan I Luh bakatin Beli suba tusing perawan...
Nanging tresnan Beline tumbuh tusing ulian perawan
Tresnan di hatin Beli tumbuh ulian tresnan... I Luhe...
uuhh... yeah... yeah... I Luh...


Translate :

I Luh = Sebutan nama perempuan Bali, saya ubah menjadi 'Kamu'

Akan kututup telingaku
Saat orang menjelek²kan kamu 
Aku anggap semua itu orang iri
Melihat diriku dan dirimu

Memang begitu Luh.. orang jaman sekarang
Ga suka melihat temannya senang
Jangan kamu sedih akan kenyataan ini
Anggap semua godaan cinta kita
Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu <--- Yang ini pasti tau kan.,,.??
Begitu pepatah bilang..

Walaupun disana sekarang banyak orang bilang
Dirimu aku dapatkan sudah tidak perawan
Tapi cintaku tumbuh bukan karena perawan
Cinta di hatiku tumbuh karena cintamu <---- Bueeehhhh..!!
uuhh... yeah... yeah... I Luh...       

'Tresna Tusing Ulian Perawan' atau 'Cinta Bukan Karena Perawan'
Nah dari judul ketahuan ada kata Perawan,.,. Hahaha.., Aga sedikit absurd :D
Kalo di-Indonesiakan, lagu ini berjudul, Bukan Karena Perawan.
Yang saya tangkap, inti dari lagu ini adalah cinta sejati terhadap seorang cewe yang sudah ga perawan lagi. Walapun ga perawan, tetap cinta. Begitulah kira²..
Nah, (sumpah ane zuzur) Lagu ini ga ada hubungannya ma pengalaman perjalanan cinta saya lho,.,. Hahaha,.,.
Saya hanya suka dengan alunan musiknya, terutama diawal lagu ini dimulai, iringan piano dan gitar sangat manis.
Nah kalo dari isi lagu sih no komeng ya, maklum, keperawanan merupakan hal yang masi aga tabu dipertanyakan pada seorang cewe. Belum semua orang bisa membuat 'ga perawan' adalah hal yang lumrah, dilingkungan saat ini perawan merupakan hal yang masi mutlak dijaga oleh kaum wanita (dalam hal ini perawan yang hilang karena hubungan seksual). Walaupun tidak fair dengan keperjakaan pria,.,. Hahaha,.,. pusing kalo bahas ituan :D
Intinya, kalo uda cinta sejati, dapet perawan syukur, ga perawan, ya tetap jalani (kanggoang), kalo sudah namanya cinta, mau gimana lagi.,. tul gak?? Hahahaha.,.:D 



 


Lirik : Manusa Panak Manusa
Engap, tangkah beli, ningehin munyin Memen adine
“Hei gus, apa ka-alih mai? Dini sing nerima beduda”
Sesek, angkian beli, ningalin sebeng Bapan adine
“Hei gus, tiang ngalih mantu, nanging sing ane cara gus”

Buung keneh beli kemu, nyalamin Om Swastiastu
Nanging mantram sing maarti, ragan beli tusing ma-aji

Beli masih manusa, bisa ngeling, bisa nyakit ati
Beli masih manusa, panak manusa
Beli masih ngelah, ajin raga

Mirib, Bapan adi uli pidan salah pergaulan
Minab, Memen adine, fans berat-ne Datuk Maringgih
Jaman, suba maju, presiden R.I. mapilih langsung
Reformasi, suba majalan, rakyat cenik milu maitung

Yening adi mula tresna, mai jak beli kawin lari
Malaib atas nama cinta, atas asas kebebasan


Mula saja, beli jelema lacur
Nanging ento, tusing dadi tolak ukur
Nak mula saja, penampilan beline lusuh,
Nanging ne penting, beli sing demen…. ngae rusuh, uo, uo, uo~…


Translate : 

Pengap dadaku, mendengar kata-kata ibumu
"Hey gus, apa yang kamu cari kesini,  
Disini tidak menerima Beduda "<--- Istilah Beduda yang sudah saya jelaskan sebelumnya
Sesak nafasku melihat muka bapakmu
"Hey gus, saya mencari menantu
tapi tidak seperti kamu"  <--- 'Jlebbb' banget yak,.,. :D

Batal niatku kesana, memberi salam  'Om Swastiastu'
Tapi salam tak berarti, diri ini tak berharga

Aku juga manusia, bisa menangis, bisa sakit hati
Aku juga manusia, anak manusia
Aku juga punya harga diri

Mungkin, bapakmu dari dulu salah pergaulan
Kayanya ibumu fans berat-ne Datuk Maringgih <--  Wakakaka  =))
Jaman sudah maju, Presiden RI dipilih langsung
Referomasi sudah berjalan, rakyat kecil ikut memperhitungkan

Kalau kamu memang cinta, mari sama aku kawin lari
Lari atas nama cinta, atas asas kebebasan

Memang benar, aku orang miskin
Tapi itu bukan menjadi tolak ukur
Memang benar, penampilanku lusuh
Tapi yang penting, aku ga suka buat rusuh..       

'Manusa Panak Manusa' atau 'Manusia anak manusia'
Seperti yang saya jelaskan sebelumnya diatas, sepertinya pengalaman di lagu inilah yang memunculkan istilah Beduda pada nanoe Biroe. Memang butuh suatu ikon untuk menjadi bintang, seperti halnya Slank yang mengangkat Kupu² sebagai ikonnya.

Nah dari lirik uda ketahuan kan makna lagu ini, HARGA DIRI DINJAK² .. Hihihi..
Syukurnya saya belum pernah ngalamin hal yang kaya gini, tapi saya suka lagu ini karena nuansa lagu dan kata² dalam lirik juga sangat dalam, melodi musik dan kata² menyatu menggambarkan gimana sakit hatinya harga diri diinjak² oleh orang tua pacar saat berkunjung kerumahnya, apalagi kata² si bapak, jleebbb banget,., :D
Saya suka saat dilirik :

"Yening adi mula tresna, mai jak beli kawin lari
Malaib atas nama cinta, atas asas kebebasan"
 


Langkah terakhir yang harus diambil disaat putus asa,..,
Dan seharusnya yang benar, atas nama cinta dan asas kebebasan.
Tapi ya gitu, bakal berabe ma urusan keluarga,,. Hahaha.,
Saya yakin, cewe yang ngalamin gini pasti dilema banget,.,. :D  


Lirik : Manusa Panak Manusa 2
Om Swastyastu,..
Keto Bli nyambatin di malun umah adi, 
Pesu anak luh, mesebeng masem lantas ia metakon
"Eh Gus, apa kealih mai gus, eh Gus dini sing nerima beduda"
Sakit hatin Bli, gedeg basang Bli, luung keneh Bli kemu ngaba tresna  
Engap tangkah Bli, sesek angkih Bli, napi ke reraman adine tusing merasa..?

Bli masih manusa, ngelah ajin raga
Di tangkah Bline misi tresna
Bli masih manusa, panak manusa
Jelek jelek kene masi jelema

Oo no.. no..no. no... no.. no..no. no...  ibu
Napi ke ibu nawang jani jamane kebebasan
Tusing ke ibu ngerti persamaan derajat
Tusing ke ibu nawang ibu nyakitin tiang 
Neh ibu dadi cang neh
Cang baang dadi Ibu neh..

Hati tiange ringsek
Harga diri mejekjek  
Mekite tiang nembak ibu,, doooorr..!!
Basang tiange gedeg, ningalin sebeng bapake
"Hey Pak, jagoan o..? Mai di sisi pragatin Paakkk..!!" 

Translate : 

'Om Swastyastu'..  
Begitu aku menyalami di depan rumahmu
Keluar seorang wanita, bermuka asem, lalu dia bertanya
"Hey Gus, cari apa kesini Gus, Hey Gus, disini tidak menerima Beduda"
Sakit hatiku, marahnya diriku, niat baik kesana membawa cinta
Pengap dadaku, sesak nafasku, apakah orangtuamu tidak merasa..?

Aku juga  manusia, punya harga diri
Di dadaku ada cinta 
Aku juga manusia, anak manusia
Jelek jelek begini juga manusia
   
Oo no.. no..no. no... no.. no..no. no...  ibu
Apakah ibu tahu sekarang jamannya kebebasan
Tidakkah ibu ngerti persamaan derajat
Tidakkah ibu tahu ibu menyakiti aku
Nah ibu jadi aku sini..
Aku kasi jadi ibu sini.

Hatiku hancur
Harga diri dinjak
Ingin nembah ibu,, doooorr..!!
Marahnya diriku, melihat muka bapakmu
"Hey Pak, jagoan ya..? Ayo di luar selesaikan Paakkk,..!!"       


Judul sama dengan yang pertama, 'repacking' yang sebelumnya.
Bedanya, nih lagu lebih ngebeat, lebih enerjik, lebih plong mengeluarkan unek² dilihat dari pemilihan kata² yang lugas,.,. 
Kalo yang pertama lagunya lebih mendayu, seakan sedih tertunduk karena merasa tidak dihargai, nah yang kedua ini lebih berani, lebih berontak, cocok dengan musiknya yang ngebeat dan pemilihan kata² yang tajam, mungkin bisa dibilang, ngerap, karena melantunkan kata²nya bertempo cepat..
Gimana ga berani, Bapaknya dibilang jagoan, ditantang duel diluar,.., Trus si Ibu mau di tembak Hahahaha,.,..,  Mantap nih.,,. :D  
Mungkin begini lah isi unek² kepala saat dongkol, serasa mau nembak kepala orang yang menyebalkan.,,., Hahaha,.,.!!
Tapi plis dont try this anywhere when you angry like this situation.,,. Hahaha,.,.!!


Lagu ini ada di album m3tamorforia (baca:metamorforia), atau lengkapnya Tridatu / triple m3tamorforia.. Album ini terdiri dari 3 album, hitam, merah, dan putih, dengan 33 lagu didalamnya, luar biasa,.., :)
Album ini merupakan album ke-tiga, dirilis tanggal 3 Maret 2009,  pukul 03.33 Wita, tanggal 3 bulan 3, dan dirilis di Pasar Badung. Album ini berisi lagu-lagu ciptaan Nanoe dalam tiga bahasa: Bali, Indonesia, dan Inggris. 
Album ini mengajak untuk  Bermimpi, Beraksi, Berbagi 

Oh ya, mohon maaf untuk translate..
Sangat sulit meng-Indonesiakan istilah "gedeg basange"
Gedeg = marah
Basang = Perut
Jadi, ga lucu kalo di-Indonesiakan menjadi 'Marah perutku'
Hahahaha,.,.
Ya begitulah dalam bahasa Bali, bagian tubuh yang merasakan saat marah adalah perut, jadi ya begitu, tapi sangat aneh jika di Indonesiakan,.,. Hahahaha,..,.,!! 

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )





 Lirik : Positif Tresna

Bli tusing lakar percaya,
Yadiastun ada anake ne nyelekin Adi,
Bli tusing lakar ngugu,
Bli tusing ragu indik tresnan Bli jak Adi...
Bli seken demen jak Adi, 
seken-seken tresna, eh...

Bli tusing lakar perduli,
Teken memory, masa lalu adine pidan
Bli tusing lakar ngugu,
Bli tusing ragu indik tresnan Bli jak Adi...
Ragan Bli positif thinking, 

Bli positif feeling...

Syala.. la..la.. Bli seken teresna
Syala.. la..la.. Bli pasti satya,
Syala.. la.. la.. Bli tetap teresna...
Syala.. la.. la..
Bli positif, positif-positif...
Bli positif tresna...

Wo aini Adi..


Translate : 

Aku tidak akan percaya
Misalpun ada orang yang menjelek²kan kamu
Aku tidak akan percaya
Aku tidak ragu akan cintaku sama kamu
Aku benar suka sama kamu
Benar² cinta, eh..

Aku tidak akan perduli
Dengan memory, masa lalumu dulu
Aku tidak akan percaya
Aku tidak ragu akan cintaku sama kamu 

Diriku positif thinking
Aku positif Feeling

Syala.. la..la.. Aku benar cinta
Syala.. la..la.. Aku pasti setia
Syala.. la..la.. Aku tetap cinta
Syala.. la..la..
Aku positif, positif, positif...
Aku positif tresna...

I love you Adiii..
  

'Positif Tresna' atau 'Positif Cinta'
Nah inilah lagu yang paling saya suka.. Musiknya ringan, enak didengar, suasana hati ceria, saat jatuh cinta pada seorang wanita,.., Cihhuuyyy... 
Ga ada nuansa marah, kesal, kecewa, ataupun pengen nembak orang,.,. Hahaha,.,.
Lagu ini selalu wajib saya dengarkan kalo saya lagi pengen dengerin lagu² bali.. Dan juga wajib ada dan didengarkan kalo saya lagi nyetir mobil.,,. Enak banget dengernya.,,.
Sukanya saat 'Syala..la..la..'
dan saat memasuki solo melodi yang ada 'Wo aini adi'
Hahaha,.,.
Ada bahasa mandarin nih nyempil, kayanya pengalaman naksir cewe keturunan china neh,..,
Karena di video klipnya ada cewe dengan pakaian adat China gitu,.,. Hehehe.,, Okeh lah,., menarik,,. :D

Lagu ini ada di album (+) Positif, album yang mengkampanyekan untuk selalu Positif Thinking dan Positif Feeling..!!
SETUJU BANGET..!!      



(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )




   Lirik : Tresna Cinta I Love You

    Sing jaen baan medaar
    Gak enak makan
    Tangkah megejeran
    Dada bergetar
    Ulian ngenehang 
    Karena pikirkan
    Kenken carane
    Gimana caranya

    Ngorahang demen ken adi ...
    Katakan suka padamu...
    Say : tresna cinta I love youuu......

    Beli megending....
    Aku bernyanyi...
    Ngorahaang tresna
    Bilang cinta
    Say : I Love you

    Beli sing bog-bog....
    Aku gak bohong...
    Beli seken tresna
    Sumpah cinta....
    Suer I Love you ....

    Gendingan niki
    Nyanyian ini
    Diolas dingehin
    Tolong dengarkan
    Apang adi nawang
    Agar kamu tahu
    Isin atin beli
    Isi hatiku

    Ngorahaang demen ken adi...
    Katakan suka padamu...
    Say : tresna cinta I love you..

    Hu u.. u.. u.. u.. Bli seken tresna
    Hu u.. u.. u.. u.. Ku sungguh-sungguh cinta
    Hu u.. u.. u.. u.. I really love you

    Syalalalala.. Syalalalala.. Syalalalala..la.. la.. la,,la.. la.. la,,
    Pang gondong  <--- biar gondok :D
    Sumpah, I love You..
    Syalalalala.. Syalalalala.. Syalalalala..la.. la.. la,,la.. la.. la,,
    Suer wer wer Suer wer wer wer wer wer I Love youuuuu..

    Enyak ke adi
    Mau kah kamu
    Nerima Bli
    Menerima aku
    Dumogi je enyak
    Semoga kamu mauuu..

*Disini saya ga perlu mentranslate, karena liriknya sudah ditranslate sendiri, Hehehe.,,.

Sama seperti lagu Positif Tresna, saya menyukai lagu ini karena sangat easy listening, istri saya yang ga tau nanoe Biroe aja, pertama kali dengerin lagu ini dia suka, karena enak melodinya, ditambah lirik yang sederhana dengan paduan 3 bahasa, cakep.., :D

Lagu ini ada di album 'Timpal Sujati' album 7 tahun nanoe Biroe di blantika musik Bali.

 


Lirik : Cemburu Tingkat Leak
Rasa cemburu membakar hati
Akal sehatku sepertinya mati
Oh jelekne, jelek rasana cara kene

Uli dija kaden tekane api
Ngendih ngerepet manesin hati
Oh gedegne, mekite makpak jelema

Yen dadi baan tiang milih
Nu luungan elung tabrak motor
Ketimbang jani hati mendidih
Cemburu ngae otak sing kontrol

Inguh paling
Sing jaan baan ngudiang-ngudiang
Tangkah panes, basang gedeg sing karuan
Arroouuhhh leak apa..
          Oh God otak tiang buntu
          Hati terbakar cemburu...
          


Translate : 

 Rasa cemburu membakar hati
Akal sehatku sepertinya mati
Oh jeleknya, jelek rasanya seperti ini

Entah dari mana datangnya api
Nyala berkobar manasin hati <-- (bingung milih kata untuk 'ngerepet' :D)
Oh kesal/marahnya.. pengen makan orang <-- Leak banget neh.,., Hahaha :D

Kalo boleh aku milih
Masi bagusan patah tabrak motor
Ketimbang sekarang hati mendidih
Cemburu ngae orak ga kontrol

Gelisah bingung 
Gak enak ngapa-ngapain
Dada panas, kesal tak karuan <-- (muncul lagi istilah 'basang gedeg' Hahaha )
Aduuuhhhh leak apa..
         Oh God otak saya buntu          
         Hati terbakar cemburu... 

Kalo tema lagu ini, jujur pernah lah saya ngerasain.., Hahaha,.,
Bener² ga enak ngapa²in, gelisah bingung marah kesal meadukan :D,  tapi ga separah pengen makan orang lah.,,. Leak mpe dibawa².. Haha,.,.

Musiknya juga enak, kalo ga salah saya bilang, ada nuansa blues disini.
Saya suka saat di lirik :

'Inguh paling
Sing jaan baan ngudiang-ngudiang'

Lagu ini juga sama di album 'Timpal Sujati'.






Lirik : Arjuna vs Madona
Yen lawan madona tiang mule kalah sexy...

Yen Lawan syahrini tiang pasti kalah body...

Nanging yening unduk kesetian tiang bani...

Mesaing jak sekancan anak eluh di gumi..




Yen lawan arjune beli mule kalah bagus

Yen lawan bon jovi pasti  beli kalah gaul

Nanging yening unduk pengorbanan beli bani

Mesaing jak sekancan nak muani di gumi




Nanging ne penting tiang tetep tresne

Ne penting beli state satie....

Saling nerime ape adene..

Nganti Riwekesan...




Se due telu papat limo nenem pitu

I love you...

Kutus sie dase solas roras telulas...

Sing mepalas.. 




Se due telu papat limo nenem pitu

I love you...

Kutus sie dase solas roras telulas...
Sing mepalas..

Translate :

Kalo lawan Madonna aku memang kalah sexy
Kalo lawan Syahrini aku pasti kalah body
Tapi kalo tentang kesetiaan aku berani
Bersaing dengan seluruh wanita di bumi

Kalo lawan Arjuna aku pasti kalah ganteng
Kalo lawan Bon Jovi pasti aku kalah gaul
Tapi kalo tentang pengorbanan aku berani
Bersaing dengan seluruh pria di bumi

Tapi yang penting aku tetap cinta
Yang penting aku selalu setia
Saling menerima apa adanya
Sampai nanti <-- (saya belum tau arti kata riwekasan. ^^v)

Satu dua tiga empat lima enam tujuh
I Love You
Delapan sembilan sepuluh sebelas duabelas tiga belas
Tak terpisah  

 

Pertama kali saya lihat lagu ini yaitu di youtube, saya kira lagu ini ada di salah satu album nanoe, tapi ternyata tidak ada, ini adalah salah satu hits di album kedua dari Galuh Bilen yang bertajuk 'Pelet Bali', salah satu penyanyi Bali, nanoe diajak berkolaborasi dalam lagu tersebut,
Lagu ini juga enak didengar, simple, melodi gitarnya asik...
Video Klipnya juga kocak, memunculkan sebuah topeng bondres..
Temen² bisa cek di youtube video Klipnya..
Lucu dan mengibur..  mpe nama Syahrini dibawa²..,, Haha sesuatu yak,.,. :D


Nah itu adalah beberapa lagu² bertemakan cinta yang menjadi favorit saya, untuk lagu² cinta yang lain pun tetap saya sukai,.. :)

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )



Okeh lanjut lagi,.,.
Berikut beberapa lagu bertemakan selain lagu cinta yang menjadi favorit saya..



  •  Wayan Jani (Album : Suba Kadung Metulis - 2005)  

Lirik : Wayan Jani
Curik curik, sementa alang-alang, boko-boko
tiang meli pohe, aji satak - aji satus keteng
mare bakat anak bagus peceng
enjak enjok


Keto meplalianan dugas i rage nu cenik
Liang atine liang meplalianan jak nyoman, ketut, lan wayan

          Nanging mangkin, Nyoman sibuk maplalian ajak gitar
         Keto masi I ketut, suba sibuk maplalianan komputer
         Nanging sengkala, to I wayan jani sibuk maplalian jak narkoba 

         Stata mamunyah


De tuwutange I wayan, pedalem masa depane
De tuwutange I wayan, nyanan tangkep pak polisi 


Translate :


Curik curik, sementa alang-alang, boko-boko
tiang meli pohe, aji satak - aji satus keteng
mare bakat anak bagus peceng
enjak enjok

(Ini adalah lirik lagu daerah yang menjadi nyanyian anak² kecil di Bali dalam bermain permainan tradisional, )

Begitu permainan waktu kita masi kecil
Senang hati senang, bermain dengan Nyoman, Ketut, dan Wayan


Tapi sekarang, Nyoman sibuk bermain dengan gitar
Begitu juga I Ketut, sibuk bermain dengan komputer
Tapi sialnya, tuh I Wayan sekarang sibuk bermain dengan  narkoba
Selalu mabuk.

Jangan ikuti I Wayan, kasian masa depanmu
Jangan ikuti I Wayan, nanti ditangkap pak polisi. 

'Wayan Jani' atau 'Wayan Sekarang'
Lagu ini memiliki pesan moral yang cukup kuat..
Jauhi yang namanya narkoba, ga baik buat kita.
Lirik dipadukan dengan masa kecil dulu, sering bermain permainan tradisional, seiring waktu, teman² sudah pada sibuk dengan mainan barunya, selama positif sih ga masalah, yang masalah adalah narkobanya :D
Musik yang menghentak membuat lagu ini dapat menyampaikan pesannya dengan kuat,
Awal yang dimulai dengan suara anak² bernyanyi lagu tradisinal Bali itu membuat lagu ini tambah variatif.


Lirik : Timpal Ngamah Timpal
Ada ke rasa sakit ane sakitan uling ene
Ade ke rasa sebet ane sebetan uling ene
Tunangan tiange ne sayangang jani plaibang timpal
Timpale ne kepercaya jani melaibang tunangan didurin tiang
 

Timpal ngamah timpal
Keto sial tiang ngelah timpal
Timpal ngamah timpal
Ada ke walesan ane setimpal

Yen mula adi sube emed ngudiang adi sing ngorahang
Yen mula seken keneh metimpal ngudiang misi mengkeb-mengkeb
Boye je maksud tiang jagi ngemakseyang tresna
Nanging sing keto carane yen ngajiang tresna
Yen ngajiang timpal…

Megedi-megedi  hatin tiange sube kadung sakit
Megedi-megedi dumogi bin mani  karma palane mejalan...
Maksimal.. 


Translate :

Adakah rasa sakit yang lebih sakit dari ini
Adakah rasa sedih yang lebih sedih dari ini
Kekasih yang aku sayangi sekarang dilarikan/diambil teman
Teman yang dipercaya jani melarikan/mengambil kekasih di belakangku 

Teman makan teman
Begitu sial aku punya teman
Teman makan teman
Adakah balasan yang setimpal

Kalo memang kamu sudah bosan, kenapa kamu ga bilang
Kalo memang benar niat berteman, kenapa pake sembunyi-sembunyi
Bukanlah maksudku memaksakan cinta
Tapi bukan begitu caranya kalo menghargai cinta
Kalo menghargai teman

Pergi - pergi, hatiku sudah terlanjur sakit
Pergi - pergi, semoga besok karma yang berlaku
Maksimal        

'Timpal Ngamah Timpal' atau 'Teman makan teman'
Lagu ini cukup dalam isinya, memang ini lagu tentang cinta yang hilang, tapi penekanan lagu ini lebih ke teman yang menusuk dari belakang..
Lagu ini mengungkapkan sakit hati kepada kekasih dan kecewa kepada teman secara bersamaan. Dalem memang :D
Kejadian seperti ini pasti banyak terjadi, istilahnya, teman yang nikung,.,. Wakakaka.,.,
Soalnya saya pernah nikung (cuman sekali),.,. maaf,.,. Hihi.,,. 
Lagu ini ada di album kompilasi beduda idol, saya tidka menemukan info lebih lengkap tentang album ini, yang pasti album ini diisi oleh beberapa insan kreatif beduda, tidak hanya dari nanoe saja.






Lirik Ceca Juga Manusia 
Gledag gledug  jedag jedug..
Keto uyut sebilang peteng
Klentang klenting ting ting ting ting ting ting  ting ting ting ting
Botol lan gelas mepalu

Lampu remang-remang, saru-saru cen timpal cen kacang
Uyeng - uyeng uek uek uek
Yen ditu sube biasa

Keto geginane Yeni I cewe cafe
Angguk - angguk, geleng geleng geleng 
Sambilang ngenemin nak minum

Yadiastun keto, Yeni ngalih pengupa jiwa
Sampunang je pati ngelecehin
cewe cafe juga manusia 2x

Yoo lagu ini dipersambahkan untuk cewe-cewe cafe di seluruh Indonesia
Yang bergadang setiap hari demi sesuap nasi
Ekonomi dan harga diri,.. ya begitulah
Ayo belajar memahami sesama
Karena cewe cafe juga manusia
Setuju?

Translate

Gledag gledug, jedag jedug <-- bunyi musik berdentum :D
Begitu kerasnya setiap malam  
Klentang klenting ting ting ting ting ting ting  ting ting ting ting
Botol dan gelas berpadu

Lampu remang - remang, ga jelas mana teman mana kacang
Pusing pusing, uekk ueekk uekk
Kalo disana sudah biasa

Begitu kerjaan Yeni si cewe cafe
Manggut manggut, geleng geleng geleng
Sambil menemani orang minum

Walapun begitu, Yeni mencari penghasilan hidup
Jangan selalu melecehkan    
Cewe cafe juga manusia

Yoo lagu ini dipersambahkan untuk cewe-cewe cafe di seluruh Indonesia
Yang bergadang setiap hari demi sesuap nasi
Ekonomi dan harga diri,.. ya begitulah
Ayo belajar memahami sesama
Karena cewe cafe juga manusia
Setuju?
  

'Ceca Juga Manusia' atau 'Cewe cafe juga manusia'
Sebuah lagu yang asik didengar, dipadukan dengan genjek Bali, menjadi pas untuk bergoyang.
Cewe cafe adalah salah satu fenomena di Bali, tempat hiburan yang cukup lumayan menguras dompet Hahaha.,,.
Tapi benar juga, biarpun cewe cafe, kita ga bole ngelecehin, mereka mencari penghasilan walapun mempertaruhkan harga diri.
Kalo dipikir, lagu ini ini aga kontras dengan lagu AA Raka Sidan, 'Song Brerong' yang menceritakan seorang bisa benar² jatuh miskin karena kebanyakan 'ngafe' Hahahaha,.,.
Cuman lagu ini tidak menekankan untuk pergi ke cafe, tapi khusus buat pengunjung cafe, untuk lebih menghargai si cewe cafe, ya begitulah,.,. Hehe,., :D




Lirik : Melajah Nresnain Gumi


This is not a trend
Ini bukan infotainment
Masalah gumine jani boya je masalah cenik
Dina meganti dina, warsa meganti warsa
Gumine jani ngancan kerasa panes

Ini bukan gosip bukan sekedar isu
Global warming utawi pemanasan global
Masalahne jani gelah iraga mekejang
iraga mekejang sane nongosin gumi

Ulian sing nawang apa ne madan global warming
Sing nawang apa penyebab kenken akibatne
Sing ada alasan iraga enyeh
Ngudiang merasa pelih

Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata
Atmosfer laut dan daratan gumi
Mekelo kelo permukaan laut ngancan negehang
Pulau-pulau ilang, nyilem dadi lautan

Yen bin mani gumine nyilem,
Sing nyilem ajak mekejang
Yen bin mani gumine ilang
Sing kel ilang ajak mekejang
Yen bin mani gumi meledak
Sing meledak ajak mekejang
Yen bin mani gumine benyah
Sing kel benyah ajak mekejang

Yen jani suba tawang cara keto
Kenken men apang tusing cara keto
Gumine jalan tulungin
Apang iraga mekejang selah menah rahayu

Penyebab utamane adalah pembakaran
Bahan bakar fosil ane berlebihan
Minakadi batubara, minyak bumi dan gas alam
Yang melepas CO2 dan gas rumah kaca
Nawang sing apa nto efek rumah kaca
Nawang sing gumi dan CO2 berbahaya
Sing ada pelihne yening iraga nawang
Sing ada rugine yening iraga peduli

Gumine jani gelem ulian pelih iraga
Dumogi ngancan seger gumine dados rahayu

Jani iraga perlu solusi
Sangat perlu pengendalian diri
Hemat energi hemat emisi
Demi gumi masa depan lan generasi
Tanam pohon penghijauan
Bareng-bareng melajah jak mekejang
Mangda gumine luung kewarisin
Panak cucun iraga buin pidan
Melajah nresnain gumi
Lan melajah nresnain gumi
Nresnain gumi..
Nresnain gumi..
Nresnain gumine..

Translate : 
This is not a trend
Ini bukan infotainment
Masalah bumi sekarang bukanlah masalah kecil
Hari berganti hari, tahun berganti tahun
Bumi sekarang makin terasa panas

Ini bukan gosip bukan sekedar isu
Global warming atau pemanasan global
Masalah ini sekarang milik kita bersama
Kita semua yang tinggal di bumi

Dikarenakan tidak tau apa itu global warming
Tidak tau apa penyebab dan akibatnya
Tidak ada alasan kita takut
Mengapa merasa bersalah

Global warming adalah peningkatan suhu rata-rata
Atmosfer laut dan daratan gumi
Lama lama permukaan laut makin meninggi
Pulau-pulau hilang, tenggelam jadi lautan

Kalo besok bumi tenggelam
Kan tenggelam sama semuanya
Kalo besok bumi hilang
Kan hilang sama semuanya
Kalo besok bumi meledak
Kan meledak sama semuanya
Kalo besok bumi hancur
Kan hancur sama semuanya

Kalo sekarang sudah tau seperti itu
Bagaimana caranya agar tidak seperti itu
Mari bantu bumi
Agar kita semua selamat

Penyebab utamane adalah pembakaran
Bahan bakar fosil ane berlebihan
Sepertii batubara, minyak bumi dan gas alam
Yang melepas CO2 dan gas rumah kaca
Tau ga apa itu efek rumah kaca
Tau ga gumi dan CO2 berbahaya
Tidak ada salahnya kalo kita tau
Tidak ada ruginya kalo kita peduli

Bumi sekarang sakit karena salah kita
Semoga bumi makin membaik jadi selamat

Sekarang kita perlu solusi
Sangat perlu pengendalian diri
Hemat energi hemat emisi
Demi bumi masa depan dan generasi
Tanam pohon penghijauan
Bareng-bareng belajar semuanya
Agar bumi bagus diwariskan
PAnak cucu kita nanti
Belajar mencintai bumi
Mari belajar mencintai bumi
Mencintai bumi
Mencintai bumi
Mencintai bumi..


*Mohon maaf, mungkin ada lirik yang miss,,. :D



'Mlajah Nresnain Gumi, atau 'Belajar Mencintai Bumi'.
Saya suka lagi ini karena inspiratif banget terhadap isu global warming saat ini, pembawaan usik juga pas, dengan gaya rap..
Musik juga enak dan pas,..
Banyak pihak berkampanye akan global warming,. nanoe Biroe tidak ketinggalan :D
Semoga isu yang berkembang sekarang di Bali mengenai Reklamasi Teluk Benoa tidak menyebabkan global warming, dan merusak lingkungan laut dan pesisir pantai Bali,.., Astungkara..

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )



  • GUEK   (Album Timpal Sujati : 2012)


Lirik : GUEK
Gue minum arak, keneh-keneh gue
Ngudiang elo ne sewot
Gue minum tuak, tuak-tuak gue
Ngudiang elo ne repot
Gue minum beer, pipis-pipis gue
Ngudiang elo ne ngotot
Yen gue mabok, suka-suka gue
Ngudiang elo ne ngesot

Gue lagi santai-santai
Sing misi acara bantai-bantai
Gue lagi happy-happy
Happy tusing ulian korupsi

Minum ngelimurang manah
Boya je ngae masalah
Sing misi jarah menjarah
Timpal gue sing je setan, nanging persaudaraan
Sing lupa daratan, inget kewajiban
Nu inget cinta jumah ngantosang
Ning..
Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..

Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..

Jantung hati jumah ngantosang,..

Minum dengan penuh tanggung jawab kawan,
Peace..!!

Translate : 

Gue minum arak, suka-suka gue
Kenapa elo yang sewot
Gue minum tuak, tuak-tuak gue
Kenapa elo yang repot
Gue minum beer, duit-duit gue
Kenapa elo yang ngotot

Kalo gue mabok, suka-suka gueKenapa elo yang ngesot

Gue lagi santai-santai
Gak ada acara bantai-bantai
Gue lagi happy-happy
Happy bukan dari korupsi

Minum menyenangkan pikiran
Bukan untuk cari masalah
Ga pake jarah menjarah
Teman gue bukanlah setan, tapi persaudaraan
Tidaklupa daratan, inget kewajiban
Masih ingat cinta dirumah menunggu
Ning..
Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..

Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..
Syalalala, syalalalala..

Jantung hati di rumah menunggu,..

Minum dengan penuh tanggung jawab kawan,
Peace..!!

Lagu ini jakarte banget, pake gue eloh,.,. Haha,.
Guek² kaya babi,.., Hahaha,..
Okeh.,. Saya suka lagu ini ya karena ya emang gitu adanya,.
Saya salah satu penikmat (bukan peminum berat) miras. Ya minum hanya saat kumpul² dengan teman lama, lam atak bersua, saat minum, banyak kisah yang kami bisa ceritakan dari hati ke hati.
Ya sama seperti lagu, saya dan teman² minum atas dasar persaudaraan, ga ada rusuh²nya, abis minum paling ueeekkk ueeekk trus tidur, ga pake acara jarah²an :D
Inilah yang yang disebut Drink Responsibility.
"Beware.. Minum Miras, tidak baik untuk kesehatan, tapi sangat baik untuk pikiran dan persaudaraan,.,. Yeeeaahhh,.,..  
Pilihlah minuman yang tidak berbahaya,.,. jangan minum minuman yang membahayakan nyawa anda, kaya Arak Metanol,.,. hahahaha,.,. :D
 
(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )





 Lirik : Timpal Sujati

Rikala dompete puyung
basang seduk, kenehe inguh
Ada timpal ne satya nimpalin
Ento mara ja adane timpal

Liu ne kal dadi timpal
Yen ngelah pipis liu umahe luung
Ngelah restaurant
Kemu mai negakin mobil

Enu ke ia dadi timpal, yen bin mani iraga bangkrut
Enu ke ia satya nimpalin, yen mobil dadi sepada gayung?

Liu timpal ulian sugih
Ulian jegeg, ulian bagus
Liu nak ngaku metimpal ulian popularitas

Enu ke ia dadi timpal
Yen bin mani iraga jatuh
Enu ke ia enyak nimpalin
Yen bagus jegeg dadi buta lan perot

Timpal Sujati boya udang dibalik batu
Timpal sujati boya musuh dalam selimut
Timpal Sujati boya menikam dari belakang
Timpal Sujati boya habis manis sepah dibuang

Enu ke ada timpal sujati
Mogi iraga timpal sujati

Timpal sujati, teman sejati
Bukan imitasi


Translate : 

Disaat dompet kosong
Perut lapar, pikiran gelisah
Ada teman yang setia menemani
Itu baru namanya teman

Banyak yang akan menjadi teman
Kalo punya uang banyak dan rumah bagus
Punya restaurant
Kesana kemari naikin mobil

Masikah ia menjadi teman, kalo besok kita bangkrut

Masikah ia setia menemani, kalo mobil jadi sepada gayung?
Banyak teman karena kaya

Karena cantik, karena ganteng
Banyak yang ngaku berteman karena popularitas

Masihkah ia jadi teman

Kalo besok kita jatuh
Masihkah ia mau menemai
Kalo ganteng cantik jadi buta dan pincang

Teman sejati bukanlah udang dibalik batu
Teman sejati bukanlah musuh dalam selimutTeman sejati bukanlah menikam dari belakangTeman sejati bukanlah habis manis sepah dibuang
 

Masihkah ada teman sejati
Semoga kita teman sejati

Timpal sujati, teman sejati
Bukan imitasi



'Timpal Sujati' atau 'Teman Sejati'
Saya suka lagu ini, ya karena saya menghargai sebuah pertemanan, dalam hidup kita pasti menemukan yang namanya teman, kecuali kalo kamu ga suka berteman,.
Nah.. Kita pasti bertemu dengan orang-orang yang datang dan pergi, jadi tau mana yang benar-benar teman mana yang bukan..
Bersyukurlah kalo kamu punya teman sejati, karena teman sejati tidak akan pernah mati,.,.

Dari lagu, saya suka opening dan liriknya, pas, dan kata²nya tepat..
Enath kenapa saya suka dengan lagu² nanoe yang liriknya terselip istilah² dalam bahasa Indonesia, enak aja didengar,.., :D

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )






  • Menyama       (Album : Timpal Sujati - 2012)

Lirik : Menyama

Tusing merasa galah mejalan
Mejalan nyalanang kehidupan
Jani suba pada mekurenan
Ngubu di tongos meelenan

Inget dugas cenik, iraga sai mepalianan
Mepalianan guli, melali nunjuk layangan
Liu ne berubah, to dadi kenangan

Ada ne sing berubah
Rasa iraga menyama
Jele melah nu menyama
Suka duka tetep menyama
Mogi sing berubah
Rasa iraga menyama
Asah asih asuh menyama
Nganti mati tetep menyama

Diastun iraga meejohan
Rasa menyama mebesikan
Rasa menyama merindukan
Menyama saling memaafkan

Inget dugas pidan, medaran barengan
Dipan abesik, mesare ditu barengan
Liu ne berubah, nto dadi kenangan.

Nganti kiamat nu menyama
Tusing ada bekas menyama


Trasnlate : 

 Tak terasa waktu berjalan
Berjalan menjalani hidup
Sekarang sudah pada berkeluarga
Tinggal di tempat yang berlainan

Ingat waktu kecil, kita sering bermain
Main kelereng, bermain menaikkan layang-layang
Banyak yang berubah, itu jadi kenangan

Ada yang tidak berubah
Rasa kita bersaudara
Baik buruk tetap bersaudara
Suka duka tetep bersaudara
Semoga tidak berubah
Rasa kita bersaudara
Asah asih asuh bersaudara
Sampai mati tetap bersaudara

Walaupun kita berjauhan
Rasa bersaudara menyatu
Rasa bersaudara merindukan
Bersaudara saling memaafkan

Ingat waktu dulun, makan bersamaan
Tempat tidur satu, Disana tidur barengan
Banyak yang berubah, Itu jadi kenangan.

Sampai kiamat masih bersaudara
Tidak ada bekas bersaudara



'Menyama' atau 'Bersaudara'
Awal mendengar lagu ini, dimulai dengan opening yang keren.. Kaya dengerin opening lagunya Aerosmith yang 'I Don't Want To Miss A Thing' Hahaha,.,. Keren openingnya,.
Terus saya dengarkan lirik per lirik dengan iringan gitar, langsung saya teringat dengan kisah saya waktu kecil berteman seperti sudah bersaudara, kangen masa² itu.
Lagu ini cocok banget dengan apa yang saya rasakan,
Sekarang kami sudah berpisah tempat yang jauh, karena sudah pada berkeluarga,.,.
Jadi inget dulu makan bareng, tidur bareng, maen 'engkeb²an', maen kelereng, melayangan. dan banyak lah keceriaan dulu.
Ya itu tetap jadi kenangan, karena memang situasi sudah berubah, dan kami pun sampai saat ini masi bersaudara..
Dan karena menulis ini, jadi pengen nelp teman² saya yang jauh itu,.,. :( 
Lagu dan lirik yang sangat menyentuh,.,. 

Diakhir lagu, ada backvocal cewe yang membuat nih lagu jadi tambah manis,..    Really like this song...!!!


  




Sebenarnya masi ada beberapa lagu yang masi menjadi favorit saya, cuman segitu aja dulu yang saya share, lain kali kalo ada mood nulis saya tambah lagi.,. :D



Sebagai penutup, saya kutipkan disini lagu² nanoe Biroe dalam beberapa Album yang telah dirilis dan dengan link mp3 lagunya,.,.

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )










Album 01 - Suba Kadung Metulis (2005) :

Beduda (Tai Urek)
Belog...Belog...Belog...
Berita Buruk
G.T.M.A (Gumi Tanpa Matan Ai)
Manusa Panak Manusa
Mars Metimpal
Merasa Coklat
Nak Mula Kuangan
Suba Kadung Metulis
Sumpah Mati Cinta Mati
Tresna Sing Harus Ngelahang
Wayan Jani




 



Album 02 - Metunangan Ngajak Dewa (2006) :

Bangsat Teroris
Boya Ja Superman
Generasi Baduda
Iluh Suba Mati
Jantung Ati
Matan Iluhe Mobil
Metunangan Ngajak Dewa

Mbok Ayu
Muani Biasa
Nak Mula Kuangan 2P.S.D.B (Paiketan Suka Duka Beduda)
Tusing Ulian Perawan
Wareg Baan Mekenyem

 



Kompilasi Beduda Idol I (2007) :

Kolaborasi - Beduda Idol
AK87 - Tresna Sujati
Mercy - T.T.T. (Tresna Tegangan Tinggi)
nanoe Biroe ft. Tudix - Melajah Yuk
nanoe Biroe -  Mailbox
nanoe Biroe -  Timpal Ngamah Timpal
Amnesty - De Ajum Luh
Yowana - Benyah
GGBY - Tresna Kanti Mati
K'UNKZ - Beli, Adi Ngajak Iluh
Moha - Ulian Iluh
Ancrux - Juari
Alpaka - Gembul Bungut Usil (GBU)
Anugrah - Capung Gantung

 



Album 03 - m3tamorforia (2009) :

*Metamorforia [Hitam]
 
Intro m3tamorforia
Politik pipis
Sing ada maling ngaku
Enggalin dik
Menyita waktu
Beduda ngidaman bulan

Dont Worry Be Happy
Manusa panak manusa 2
Pintar berakting
The inofolution
The Inofolution
Interview - Manusa Panak Manusa 2

*Metamorforia [Merah]
Wayan lagi banyak uang
Sabar sabar
Laskar monogami

Nostalgila
Anak kost
Bumi punya banyak bintang
Na na na
Iluh (broken heart)
Sing ngidang ngelahang
Cintamatisme
Manusa setengah lelipi

*Metamorforia [Putih]
Ceca juga manusia
Megantung bok a katih
Bintang yang terpilih
Melajah nresnain gumi
Terima kasih banyak tuhan
Muani sakit hati
Bukan apa-apa
Nabung yuk nabung
Ngelek ngelekin hati gen
Suba Melenan
Untung Ada Gek
Indonesia-Indonesia

 *(Saya rasa ada kesalahan dalam susunan lagu pada tiap album m3tamorforia, mohon koreksi, suksma..)



Album 04 - (+) Positif (2010) :

Aget...Aget...Aget...
Balik Yuk Balik
Beduda Ready For Actions
Megending Bali
Mejalan Megae
Olahraga Yuk
Pengamen
Positif Tresna
Wareg Baan Makenyem 2
 
Badudawati - Aluh ken meju
Aget..Aget..Aget... (Accoustic)






Album 05 - Matur Suksma (2011) :

Bedudawati - Ironis
Beib..
Fresh Goes-goes
Matur suksma
Mautsaha
Nak Buduh
Pemuda Elit
Silent Killr
Single Kendel
Toleransi di Bali

 



Album 06 - Timpal Sujati (2012) :

Rebus Batu
Cemburu Tingkat Leak
GUEK
Mabukkk
Wajib Megae
The Ngebog
Menyama
Prett
Sok Artis Mesebeng Selebritis
Timpal Sujati
Tresna Cinta I Love You





(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )

Sekali lagi,
Untuk mendukung peperangan terhadap yang namanya pembajakan, silahkan membeli CD / kaset (kalo masi ada) yang original alias asli di toko terdekat, untuk mendukung perkembangan musik Bali.. Go Nasional..!!

(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )




Sekian dulu dari saya,  
Pasti ada beberapa tulisan dan informasi saya diatas yang keliru, mohon koreksi, masukan dan kritiknya,.,.
Semoga musik nanoe Biroe bisa menginspirasi teman² yang menyukai karya²nya.,.

 
Terima kasih,.,. 
Suksma
Salam beduda
Semangat Full.,,.!!  :)






(Sumber gambar diambil dari nanoe Biroe Facebook Fan Page )

0 comments:

Post a Comment